Jangan Berkecil Hati Karena Gelapnya Warna Kulitmu

Bismillah.. Mari merenungi... Yang biasanya jadi "musuh" wanita itu apa sih? Bener gak itu adalah warna kulit yang gelap dan berat badan? Xixixi...

Yang masih lajang, belum dijemput sang pangeran. Jangan berkecil hati ya? Bukan karena kulitmu yang gelap atau parasmu yang tidak cantik (menurut kebanyakan orang) atau ukuran tubuhmu yang lebih dari ukuran ideal. Intinya, semua terjadi atas kehendak Allah subhanahu wa ta'ala.

Mengutip nasihat ustadz Khalid Basalamah, ada tips bagi yang merasa fisiknya punya kekurangan, "Walaupun fisik anda punya kekurangan. Orang akan suka dengan yang lisannya baik. Santun bertutur kata. Yang keluar dari mulut seorang muslim hanya nasihat, tanya kabar, ilmu yang bermanfaat, tidak ada sesuatu yang menjatuhkan orang lain, tidak ada sesuatu yang menyakiti orang lain atau menceritakan aib orang lain. Maka dia akan disukai."

Allah tidak akan memberi ganjaran terhadap bentuk tubuh atau rupa manusia atau banyaknya harta, karena dzat manusia (tubuh manusia) tidak dibebani hukum. Adapun yang terbebani hukum adalah perbuatan yang berkaitan dengan diri manusia. Demikian pula sifat dan bentuk yang di luar manusia, seperti: rupa, putih, tinggi, pendek dan lainnya. Allah tidak pula melihat pada banyaknya harta atau sedikitnya, kaya atau miskin dan lainnya.

Allah yang Maha Mulia dan Maha Tinggi melihat juga kepada amal mereka. Bila amal baik (sesuai dengan sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam), maka Allah akan menerimanya. Dan jika tidak baik, maka Allah akan menolaknya. 

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda "Sesungguhnya tidak mungkin dapat dibayangkan baiknya hati, kecuali dengan baiknya amal dan tidak ada baiknya amal, melainkan dengan baiknya hati".

Hadits di atas dengan masalah ikhlas sangat erat kaitannya, karena berhubungan dengan masalah hati dan amal. Yaitu hati yang ikhlas dan amal yang sesuai dengan contoh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Mari ukhty, kita fokus pada upaya mendapat Ridho Allah subhanahu wa ta'ala dan ittiba' pada Rasulullah. Semoga saudariku yang masih lajang makin bersemangat memperbaiki diri ya. Semoga kelak mendapatkan pria yang taat Rabb-nya. Amiinn, terimakasih. Salam cerdas…..

Ukhti Susan

Comments

Popular posts from this blog

Q.S. Al-Baqarah Ayat 6-10 Lengkap dengan Arti dan Isi Kandungan Ayat / Penjelasannya

Q.S. Al-Baqarah Ayat 1-5 Lengkap dengan Arti dan Isi Kandungan Ayat / Penjelasannya

Q.S. Al-Baqarah Ayat 11-15 Lengkap dengan Arti dan Isi Kandungan Ayat / Penjelasannya