Garis Besar Perkembangan Drama Indonesia dari Masa ke Masa

Salam cerdas, kali ini ceecant akan share perkembangan drama Indonesia. Drama Indonesia modern tidak lepas dari proses akulturasi masuknya drama-drama Barat  dan teater timur ke dalam drama Indonesia baik isi cerita dan cara penggarapannya. Di bawah ini adalah garis besar perkembangan Drama Indonesia dari masa ke masa :

1.   Masuknya drama-drama Barat (Komedi Stambul, Opera), dan wayang.

2.   Tahun 1923-1928: Munculnya drama cerita-cerita Minangkabau.

3.   Tahun 1925: Massa kepopuleran Miss Ribut.

4.   Tahun 1926-1935: Massa Panggung Dardanella.

5.   Tahun 1937-1940 : Drama mengalami penurunan dan pindah  ke film.

6.   Tahun 1942-45: Pada zaman Jepang drama mengalami masa keemasan, karena sebagai alat propaganda Jepang dalam Perang Asia Timur Raya (PD 2)

7. Tahun 1945-1948: Masa revolusi, kegiatan berkesenian menurun karena rakyat disibukkan oleh perang mempertahankan kemerdekaan.

8. Tahun 1950: Group/kelompok mahasiswa:  Muncul drama relasi karya Utuy Tatang Sontani. Motinggo Busye, Kirjomulyo, dll.

9.   Tahun 1959: Muncul drama-drama heroic

10. Tahun 1964-1965: Studi Club Teater Bandung, drama politik Studi Group Teater (Rendra), Club Teater (Jim Liem), Arena (Emil Sanosa), dll.

11.   Tahun 1970: Kebangkitan Bengkel Teater Rendra, Teater Kecil  Arifin C. Noor, Teater Populer Teguh Karya.

12.   Tahun 1973: Teater Eksperimen, Teater Dinasti, Teater Alam

13.   Tahun 1974-2000: Teater kampus seperti Teater Gajah Mada, Unit Studi Sastra dan Teater, Teater Lobby Dua, dll. Komunitas teater seperti Gandrik, Jeprik, Garasi, di Yogyakarta, Teater Mlarat di Malang, dan teater di berbagai kota seperti Solo, Surabaya, Malang, Denpasar, Bandung, Padang, Makasar dan kota-kota lain.

14.   Tahun 2000 – Sekarang: Munculnya bengkel Teater dan penulisan naskah drama yang difasilitasi oleh Balai bahasa, munculnya kelompok drama remaja di berbagai sekolah dan adanya festival teater yang diselenggarakan oleh komunitas kampus, sekolah, dan masyarakat. Munculnya pementasan “wajib” bagi mahasiswa yang mengambil matakuliah drama di Program Studi Sastra setiap tahun menambah daftar panjang perkembangan teater di tanah air. Berbagai pihak mendukung pementasan teater baik di kampus maupun di luar kampus dengan berpartisipasi dalam sponsorship.


Demikian artikel tentang  garis besar perkembangan Drama Indonesia dari masa ke masa, semoga berkah dan bermanfaat. Salam cerdas…..

Comments

Popular posts from this blog

Q.S. Al-Baqarah Ayat 6-10 Lengkap dengan Arti dan Isi Kandungan Ayat / Penjelasannya

Q.S. Al-Baqarah Ayat 1-5 Lengkap dengan Arti dan Isi Kandungan Ayat / Penjelasannya

Q.S. Al-Baqarah Ayat 11-15 Lengkap dengan Arti dan Isi Kandungan Ayat / Penjelasannya